Posted on Leave a comment

Sebuah Organisasi Terindah Bernama Keluarga

Silaturahim itu menjadi budaya tersendiri untuk masyarakat Indonesia. Kelancaran silaturahmi tentunya ada peran yang luar biasa di balik acara Kekeluargaan yang hangat ini. Apapun perannya, kita harus ikut serta. Karena dengan itulah budaya kita akan terus bertahan

Sebuah Organisasi Terindah Bernama Keluarga

  1. Tim Masak. Tuan rumah bisa aja disebut penyedia makanan, tapi jangan salah mereka ini butuh bantuan banyak tangan apalagi kalo yg mau dateng itu tahu bulat dadakan dan langsung banyak ‪#timmasak

Nah si ‪#Timmasak ini harus punya leadernya. Dia yg punya konseo mau bikin apa, tim nya nhikuyin aja suruhannya. Jangan sampe salah. Biasanya tim masak ini cewek dan kalo ngomel. Beuh lewat nih dunia sama negara api

  1. ‪#TimAnterJemputbiasanya laki nih, bisa jadi tamu atau tuan rumah. Nah tim ini harus kuat juga kalo tiba tiba di jalan penumpangnya pada tidur, perjalanan masih 5 jam lagi, tapi si tim ini harus kuat menahan godaan.. minimal 2 orang ya biasanya. Jadi kalo ngantuk gentian.

Tim ini harus selalu siap kalau persediaan makanan, minuman kurang. Ehh lebaran pada tutup! Gimana dong? Tim ini selalu siap untuk pergi jauhh sampe dapet kekurangannya ‪#timanterjemput

  1. ‪#TimJagainBocah. Nah tim ini penting banget. Krn kalo kumpul pasti bocil2 pada bergerilia kesana kemari. Kalo ga ada tim ini, aduh yang orang tua nya asing ngobrol, masak, bercanda. Akhirnya anak kluyuran, ke jalanan, ke hati kamu. *Eh gimana

‪4. #TimPenyambutTamu yakk tim ini biasanya terdiri dari sesepuh2 yang harus di raja-kan nih. Gak boleh ikutan ribet, pokoknya duduk manis aja. Yg ribet anaknya aja ya buk pak karena yang paling di cari biasanya mereka ini

  1. ‪#TimSapuBersihbiasanya ini abg abg nih yg dapet kerjaan ini. Kadang sifatnya agak memaksa, soalnya para tim masak udah pada capek cyyiin hehe. Dari piring kotor, sampe bersih2. Jadi yang belom ngapa ngapain sadar diri aja ya! Haha
  1. ‪#TimBingungHayoh! Ini yang bahaya nih, biasanya abg nih yg kalo sama sodaranya bingung mau ngomong apa, pasang senyum palsu, asik sendiri sama gadget nya. Makan, numpang tidur Pulang, udah. Pernah ngerasain ini? Pernah. Pas lidah kaku bgt buat berkomunikasi sama orang baru

Dan. Pada dasarnya.. silaturahim itu memang memperpanjang usia, apapun peran nya, kita harus ikut serta. Karena dengan itulah budaya kita akan terus bertahan

Bicara ttg budaya silaturahmi, ibu sendiri pernah cerita, kalau orang dulu di saat alat komunikasi sgt susah, mudah sekali hilang persaudaraannya, sampai2 gak tau silsilahnya mereka sendiri, gak tau di mana sepupunya, menghilang begitu saja. Indonesia pernah memiliki budaya itu.

Maka dari itu, bersyukurlah ketika adanya pergeseran budaya masyarakat tentang kesadaran bersilaturahmi itu amat sangat penting, jangankan saudara, sekarang teman saja rasanya gak mau lama lama gak meet up meet up nya. Ya gak? Hayo ngaku!

Ada yang pengen punya kampung biar bisa mudik? Yap banyak yang suka ngomong gitu, tapi jangan salah. Mudik pun sebenernya banyak bangetttt plus dan minus nya.

Plus nya adalah, kita lebih kenal budaya kita sendiri, seperti misalnya aku Ibu bapak asli solo, tapi bapak lama tinggal di madiun, jadi banyak saudara di madiun, tapi ada juga yang transmigrasi ke cipanas, jadi kita punya tujuan keluar kota bukan hanya liat2 pemandangan aja.

Dari banyaknya budaya itulah yang bikin berasa banget kentelnya kekeluatgaan. kalau aku harus menghargai satu sama lain, harus saling berkunjung, harus ada timbal balik, dan itu sungguh menyenangkan

Tapi di luar dari semua itu, banyak cara cara cerdas nan menyakitkan yang harus dilewatkan. Aku harus pastikan pengeluaran cukup dan cerdas memilih transportasi yang nyaman. Karena kalau kita bawa orang tua dan baby, jangan sampai mereka sakit

Setidaknya kita harus cerdas rebutan tiket kereta pas teng h-3 bulan lebaran, tahun lalu aku nungguin itu udah kaya nungguin undian aja. Deg degan. Hari pertama gak dapet! Oke kita coba besoknya.

Hari pertama dan ke dua hasilnya pun sama. Kita harus berebut tiket dengan jutaan orang di ibu kita yang standby di depan gadget nya pada saat itu juga. Alhasil hari ke-3, aku voba travel milik teman ku. Dan voila! Akses web nya lebih bagus karena yang akses tak sebanyak web umum.

Selebihnya kalau ga bisa dengan cara tadi ya cari tiket pesawat. Itulah alasannya kenapa aku bela belain cari tiket kereta, karena semua harus sesuai dengan perhitungan. Management uang itu penting. Apalagi untuk hajat orang banyak.

Hindari banget deh sama joki joki tiket, karena udah banyak penipuan, walaupun beberapa ada yang bisa dipercaya. Toh kalau ada cara cerdas, kenapa harus joki?

Selamat berlibur, dan berbahagia bersama keluarga. Ingat di dunia ini tidak ada yang abadi kecuali kenangan bagi mereka yang telah engkau perjuangkan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *