|

Printable Circle Puzzle, Melatih Konsentrasi Membentuk Gambar

Si Kecil tentu sangat menyukai aktivitas bermain Puzzle. Kegiatan ini bukan hanya sarana bagi Si Kecil untuk bersantai tetapi juga kesempatan untuk melatih kecerdasannya. Felt Circle dengan pendekatan konsep Puzzle Game

Ada enam manfaat yang bisa didapat dari bermain puzzle.

1. Puzzle mempertajam kecerdasan visual spasial

Kecerdasan visual spasial merupakan salah satu kecerdasan majemuk yang diperkenalkan oleh Howard Gardner. Kecerdasan visual spasial adalah kecerdasan berpikir dan belajar dengan gambar, memahami bentuk pola dan ruang suatu objek, termasuk berpikir kreatif.

Studi yang dilakukan oleh University of Chicago, Amerika Serikat pada tahun 2011 menunjukkan hasil bahwa balita biasa yang bermain puzzle memiliki keterampilan visual spasial yang lebih baik daripada mereka yang tidak. Hal ini karena kemampuan mengenali dan memahami bentuk, ukuran, warna, dan ruang diasah melalui permainan puzzle.

2. Permainan puzzle mempertajam ingatan

Anak dapat memahami kemudian mengikuti petunjuk langkah demi langkah dalam mencapai satu tujuan. Teka-teki tersebut akan melatih memori ketika Si Kecil mencoba mengingat pola, potongan gambar yang sudah dicoba tetapi tidak cocok.

3. Game puzzle mengasah motorik halus Si Kecil

Saat memainkan puzzle,  anak akan diminta untuk memasangkan gambar, melingkari huruf atau kata, memutar, atau memasukkan potongan puzzle ke dalam bagian tertentu sesuai dengan bentuknya. Hal ini akan mengasah kemampuan motorik anak yang sangat berguna dalam aktivitas sehari-hari seperti menulis atau menggambar.

4. Permainan puzzle melatih koordinasi mata dan tangan

Semua jenis teka-teki membutuhkan koordinasi antara mata dan tangan. Melalui permainan puzzle, kemampuan menghubungkan apa yang dilihat mata dan bagaimana tangan merespon akan diasah dengan baik.

Permainan puzzle mempertajam kemampuan untuk menemukan solusi untuk masalah
Teka-teki memiliki tujuan yang jelas untuk dicapai.

5. Permainan puzzle melatih keterampilan sosial

Orang tua bisa memilih jenis puzzle yang membutuhkan kerjasama dengan orang lain untuk menyelesaikannya. Ini akan membuat  anak belajar bekerja dan bermain dengan orang lain. Dia akan belajar tentang kesabaran, kerja sama, dan tentang bergiliran.

Download Pattern Circle Felt Printable


Bisa di cetak dalam ukuran A3 atau A4 ya
1. Gunting tepi pattern Ikuti jalur menggunting,
jangan gunting space putih
lubangi lingkaran hitam, di semua pola. sesuaikan ukuran lingkaran
masukkan sedotan ke dalam lubang, urutkan berdasarkan layer pattern
Rekatkan sedotan dengan bagian belakang, layer paling bawah
IMG_6091
Acak gambar dengan memutar bagian bagiannya
Saya menyediakan 3 gambar di pdf nya, selamat mencoba ya! jangan lupa mention ke instagram karyaku, dan bagikan ke orang terdekat kamu, supaya semakin banyak yang ikut belajar dan bermain

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *