Apakah bunda butuh sesuatu untuk anak yang bersifat edukasi, dan bebas dari gadget yang tetap menyenangkan untuk dimainkan? Yap libatkan anak dengan bermain boardcgame, salah satu boardgame sederhana yang sudah ada sejak lama adalah ular tangga. Permainan ular tangga ini mampu mengajarkan anak tentang skill kerjasama, pengenalan warna, koordinasi, dan itu hal yang menyenangkan untuk dimainkan. Ini adalah cara yang baik untuk mengikatkan ikatan batin dengan keluarga, maupun temannya yang bermain bersamanya. Dan, gak hanya itu, anak juga bisa belajar membuat mainan sendiri.

Permainan tradisional board game ini dibuat dengan kertas, anak dengan usia di atas 3 tahun bisa memainkan permainan ini. Ular tangga ini di desain dengan kemudahan berhitung untuk anak-anak. Bagian menariknya dari board game ini adalah tidak hanya membuat anak mudah berhitung, tetapi juga skill tambah-tambahan dan kurang-kurangan. Misalkan angka dadu yang keluar pertama adalah 5, kemudian kocokan ke-dua yang keluar adalah 4 maka dia akan secara mandiri menambahkan langkahnya hingga langkah ke 9.

Ketika langkah yang didapat sampai pada tangga untuk naik dan ular untuk turun, maka disitu anak akan mengembangkan social skill nya. Begini, ketika anak berada di posisi unggul dan berharap akan menang, namun di langkah berikutnya justru berubah karena si anak jatuh di kotak ular, maka dia akan terjun ke bawah lagi. Hal itu bisa membuat semuanya terkejut. Itulah nilai kehidupan yang dipaljari dari permainan ini. Mereka akan belajar untuk mempersiapkan diri dengan hal-hal yang tidak terprediksi dalam hidup. Ini bisa terjadi ketika mereka mendapatkan kotak dengan tangga. Ini mengajarkan anak-anak untuk menang dan bergerak maju dalam hidup dengan melewati rintangan yang sulit.

Permainan ini mengajarkan untuk menerima situasi menang atau kalah. Itu adalah semangat sportifitas yang sebenarnya. Kemudian mencoba untuk menang lagi dengan memulai dari awal permainan.

Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk membuat board game ular tangga.

1. Download Printable Pattern Ular NagaMainan Edukasi Anak

2. Siapkan gunting dan lem/double tape

 

3. Gunting Pola sesuai garisnya. Terbagi menjadi alasnya, Dadu, dan lingkaran pemain

 

4. Lipat dan lem sisi Dadu

 

5. Mainkan

 

 

6. Ada bonus game dalam satu lembar print ya

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.