Membuat Origami tidak hanya meningkatkan kemampuan kreativitas, tetapi juga bisa menjadi salah satu cara untuk memberikan stimulus mental dan fisik dengan berlatih melipat. Origami dapat membantu meningkatkan kemampuan mata dalam mengkoordinasi sesuatu, motorik halus, dan konsentrasi mental.

Penggunaan tangan dalam melipat, secara langsung dapat merangsang area otak. Origami juga biasa digunakan untuk berbagai terapi seperti terapi seni dan trapi untuk rehabilitasi stroke dan cidera.

Melipat kertas akan menantang kemampuan kognitif ketika kita mengikuti arahan, instruksi, kemudian mempelajari skill dan aktivitas baru. Secara fisik, tangan akan bergerak menjadi aktif. Perintah akan dikirim ke otak untuk mengaktifkan otak kiri dan kanan. Area Taktil, motorik dan visual otak akan diaktifkan dan mulai digunakan. Memori pemikiran non-verbal, perhatian, pemahaman bentuk 3D, dan imajinasi yang lebih luas lagi akan dirangsang oleh eksplorasi otak terhadap pembuatan origami.

Origami yang satu ini pasti pernah dimainkan di masa kecilnya para orang tua. Tapi, ini jauh lebih menyenangkan, yap karena dengan motif nya yang menggambarkan hewan lucu, lipat kertas kali ini juga bisa digunakan untuk story telling.

Download Printable

Mainan Edukasi Anak Download Printable

 

         

       

  

Leave a Reply

Your email address will not be published.