Posted on 37 Comments

Digital Cleanup, Ayo Bersih-Bersih Sampah Digital

Digital Cleanup

Beberapa waktu lalu, saya sempat melihat kampanye yang cukup menarik dan belum pernah saya dengar sebelumnya yang bergerak Bersama 85 negara lainnya. Digital Cleanup, sudah lama sebenarnya sekitar bulan april 2020 tapi menurut saya kampanye ini bagus untuk diteruskan menjadi kebiasaan kita di era digital ini.

Kampanye yang cukup mudah dengan cara Menghapus email, membersihkan mobile/pc Storage, kemudian sebarkan pesan ini. Awalnya saya kira dampaknya hanya sekedar meringankan beban komputer atau jadi bisa menggunakan isi dokumen lebih efisien dan lebih bermanfaat lagi daripada harus membeli penyimpanannya lagi. ternyata tidak berhenti sampai di sini.

Dapat menerangi pulau Bali dan kota Paris

Terdapat 4 milyar pengguna email di dunia. Rata-rata besaran email adalah 75 kb, apabila kita semua menghapus 10 email, kita dapat mengurangi 3.000.000 GB data sampah di server. Sedangkan, listrik yang diperlukan untuk menyimpan 1 GB adalah 32 kwh, jadi kita dapat menghemat 96.000.000 kwh. Listrik dengan jumlah itu dapat menerangi Bali selama 72 tahun.

Jika setiap orang di Prancis menghapus 50 email, ini sama dengan mematikan 1,6 miliar bola lampu hemat energi selama satu jam. Untuk mematikan lampu Menara Eiffel selama 24 jam, mampu menerangi setengah hari di seluruh Paris.

Mengurangi Emisi Gas Rumah Kaca

Penggunaan listrik untuk barang elektronik di kantor maupun rumah tangga, menanggung sekitar 2% dari total emisi gas rumah kaca global. Pada tahun 2040, emisi ith dapat mencapai 14% dari total pelepasan gas rumah kaca global yang terus bertambah.

Carbon footprint dari gadget, internet, beserta sistemnya menyumbang sekitar 3,7% dari emisi rumah kaca global. Menurut beberapa ahli, Ini hampir sama dengan jumlah energi yang diproduksi oleh industri penerbangan global. Dan emisi ini diperkirakan akan berlipat ganda pada tahun 2025.

Sesederhana Beratnya Sampah Email

Setiap email spam, (bahkan jika kita tidak membukanya) akan melepaskan sekitar 0,3 gram CO2 ke atmosfer. Jika ada Email dengan lampiran, akan melepaskan 50 gram.

Jika setiap orang di Inggris tidak mengirim satu email ‘terima kasih’ dalam sehari, maka akan menghemat lebih dari 16.433 ton karbon per tahun. Nilai tersebut sama dengan energi 81.1522 penerbangan ke Madrid atau mengambil energi 3.3343 mobil diesel dari jalan.

Dengan jumlah energi yang sama ketika mengirimkan miliaran email spam sama halnya dengan apa yang dilakukan oleh dua juta rumah tangga di AS dalam sehari, yaitu menciptakan gas rumah kaca yang dihasilkan dari 3 juta mobil.

Sekitar 62 triliun email spam dikirim setiap tahun, membutuhkan penggunaan 33 miliar unit listrik dan menghasilkan 20 juta ton C02 per tahun. 80% dari listrik ini dikonsumsi oleh pembacaan dan penghapusan spam.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa menyimpan 1GB email selama satu tahun menghabiskan 32,1 kWh, yang energinya sama dengan memanggang 10 jam penggunaan oven rumah tangga biasa.

Menurut penelitian yang sama, sebuah email memiliki berat rata-rata 230 kB (senilai 7,4Wh per tahun). Jadi, jika kita menghapus 30 email, kita bisa menyimpan 222Wh. Hal Itu setara dengan bola lampu energi rendah (9 Wh) yang dapat digunakan selama sehari.

Memulai Peduli dengan bersih-bersih

Mulailah kembali membersihkan Ponselmu, Hapus semua aplikasi yang jarang digunakan. Mereka memakan banyak energi ponselmu, bahkan ketika mereka tidak digunakan. Sortir datamu yang double seperti foto buram, junk file, dan lainnya. Banyak yang masih salah paham untuk membersihkan dengan aplikasi pembersih virus saja cukup, sebenarnya sampah-sampah itu harus benar-benar dihapus.

Bersihkan mailbox, cari kata kunci untuk mengumpulkan email yang serupa di search bar untuk delete email massal. Beranikanlah dan klik tombol delete. Kemudian mulai berhentilah berlangganan newsletter yang tidak kita baca. Saya mencoba mengaturnya dengan platform unroll.me, cukup efektif dalam mengurangi meluangkan waktu untuk membersihkan lagi.

Unroll.me
tampilan unroll.me platform mengatur langganan email

Bersihkan Komputer/Laptopmu, hapus file sudah tidak berguna. Sortir file kamu seperti file foto, dokumen lagu, dan lainnya, arsipkan file penting. Buat pengaturan baru, pikirkan cara menghindari mengirim email. Kita bisa menggunakan berbagai platform co-working digital. Simpan file di satu platform cloud sehingga tidak perlu menyimpan file yang sama di setiap komputer.

Selain bisa membuat lebih banyak keseimbangan, dengan ini kita membiasakan diri untuk mengendalikan segalanya bisa lebih efisien karena Energi yang terbuang itu bagian dari lingkungan juga. Gimana? Kamu juga punya pengalaman tentang susah payah membersihkan sampah digital? Terimakasih ya turut sudah berjuang 🙂

Digital Cleanup

Ahiya btw, saya iseng bikin poster campaign-nya juga versi saya. semoga bermanfaat ya! ini maksudnya, sederhana, ketika ada email yang tidak diperlukan masuk ke komputer kita, sebisa mungkin dibersihkan lagi. Agar bisa diolah untuk hal yang lebih baik.

Sumber:

Save the Planet, Clean Your Inbox

How your ‘thank you’ emails are polluting the planet

A Growing Digital Waste Cloud

Why your internet habits are not as clean as you think

Digital Cleanup Day

Kertabumi Klinik Sampah

37 thoughts on “Digital Cleanup, Ayo Bersih-Bersih Sampah Digital

  1. Menata file adalah satu pekerjaan yang terlihat sepele, namun sangat menghabiskan waktu. Apalagi berkaitan dengan file-file penting. Mesti teliti sebelum mengelompokkanya dan membuang yang tidak dibutuhkan lagi.

    Beberapa bulan yang lalu aku membersihkan email yang tidak terlalu penting. Sekitar 1.5Gb sampah file selama beberapa tahun. Mungkin bersih-bersih file yang tidak terpakai mesti secara rutin agar tidak semakin banyak numpuk sampah file, dan akhirnya malas untuk dibersihkan.

    1. Setuju ini, tips tambahan ya, bersihin secara rutin. terlebih buat anak anak yang di bidang kreatif file nya super besar-besar. hehe

    2. Untungnya saya selalu rutin bersih2 email spam yang numpuk, dan udah jadi kebiasaan si.

  2. Wowwww… Gak nyangka bersihin email punya dampak besar banget ya… Aku sihh biasanya emank suka ngapuskn data atau u install apps yg jarang dipake… Tp untuk email masih belum. Oke dehh ntr mulai sortir… Karena efeknya gede banget ternyata. Thanks infonya sis…

    1. Silakan diterapkan ya kak, makasih dah mampir 🙂

  3. Kalau aku dari lama memang suka hapusin email yang dirasa tidak terlalu penting soalnya kurang suka aja karena email penting jadi ketutup jauh. Tapi yang masih susah dilakukan itu memilah foto dan merapihkannya, apalagi yang ada di laptop.

    Pernah denger juga tentang kampanye ini, tapi nggak detail. Thanks udah share info detailnya

    1. Setuju, memang lebih enak dibersihin yaa

  4. Wah, ternyata nggak cuma bebersih sampah aja ya yang bermanfaat. Digital clean up ternyata juga bermanfaat sekali. Beneran baru tau tentang ini. Informatif sekali Kak, thanks for sharing.

    Abis ini aku bakal bebersih email yang udah entah berapa ribu, dan file – file di cloud yang udah nggak bakal terpakai lagi.

    1. Iya kak, hal kecil yang masih jarang diketahui banyak orang yaa

  5. Gw lumayan sering apus2in email ga penting, bersihin junk file di browser, bersihin junk file di laptop, dan apus2in file yg ngga kepake lg di laptop biar kapasitasnya lega & lebih cepet pas dipake, tapi ternyata dibalik ini ada alasan yg sangatt penting ya knp harus rajin2 ngelakuin digital clean up..
    Postingan yg inspiratif..hehe.

    Great info!

  6. Mau juga deh coba unroll.me, soalnya sering bgt dapat newsletter dr situs pencari kerja atau perusahaan dan kadang jd ke ganggu sih

  7. wow keren ini. baru tau loh kalo digital cleanup bs membantu mengurangi polusi.

  8. saking terlalu bnyk sampah digital sampe bingung nih mau mulai dari mn perasaan penting semua walaupun dibilang sampah wkwkw..baiklah ku coba bersih2 digital nya.. mksh ya sharing nya..

  9. Selama ini sering kirim email tapi gak tau dampaknya akan seperti apa, ternyata banyak menggunakan energi.. Walaupun kecil tapi daya emisinya tinggi juga ya, waduhh harus segera bersih2 email nih.. Supaya bisa sedikit menyelamatkan energi yang terhambat selama ini

  10. Ya ampuun, aku numpuk apa aja ya…jadi tertampar , mesti segera dibersihkan nih sampah digital yang sudah bikin beban lingkungan. Senang banget diingatkan lewat postingan ini. Jadi ngeh aku, dan segera dong merencanakan bersih-bersih fileku. Tengkyu, Kak

  11. Yuk kak okta kita aware/save energy a.l. dengan digital clean up.. bersih-bersih sampah digital secara konsisten. Banyak banget manfaatnya sendiri yang kak okta sampaikan. Thanks to remind us

  12. Waaaaaaaoooowww. Ngga nyangka ternyata rajin membersihkan file-file ngga penting, dampaknya besar banget terhadap penggunaan listrik. Aku termasuk rajin sih dalam hal membersihkan file-file sampah dan data-data ngga penting di HP maupun Laptop. Tapi baru tau ternyata dampaknya ngga hanya membuat file kita menjadi rapi, tapi bahkan berdampak besar dalam penghematan energi.

  13. Waduh ternyata berdampak terhadap lingkungan ya masalah E-mail ini.
    Jujur selama ini tidak menganggap penting sampah digital ini.
    Terima kasih infonya ya.

  14. Tertampar banget…lama ga buka email pasti banyak sampah. Cuzzz bersih-bersih
    Tararengkyuuuh, kak Okta

  15. wah menarik banget kak tulisannya. Jadi berkaca sama diri sendiri. kadang suka males hapusin file file yg gak penting. Terima kasih tulisannya sangat bermanfaat 🙂

  16. Wah baru tau kak kalau efek dari sampah digital sampai segitunya setelah baca tulisan kakak ini.
    Kalau sudah tahu begini, aku akan merasa berdosa mendiamkan sampah-sampah di email sampai membusuk. Cicil hapus-hapusin kalau gitu

  17. Wow, ternyata besar banget dampak digital cleanup. Bersihin email pernah sampai ribuan. Udah unsub email2 newsletter dan promo2 juga tp msh banyak aja. Mau coba unroll.me ah..Thanks ya!

  18. Astaga, baca tulisan “hapus pesan emailmu…” otakku sudah ke bayang isi pesan di email kantor yang bwanyaak banget. Ngebersihan file di laptop nya belum kelar-kelar. Unroll.me ini cara kerjanya bagaimana kak? Misal, aku mau sortir pesan dari si A, L & Z untuk tidak dihapus dan yang lain itu di hapus bisakah?

    1. Ooh bukan buat hapus, dia cuma unsubscribe email jd lebih cepet ajaa 😄 kl satu satu kan mayan ribet tuh

  19. woooowww…..ternyata hal “sepele” seperti menghapus email….sebesar itu impactnya.

    beberes, bebersih, menempatkan segala sesuatu pada tempatnya, hidup secukupnya, memang masalah mental yang harus dibangun dengan gigih, demi hidup yang lebih baik. makasih banyak insightnya beb, mau coba ah…paling ngga…bikin enteng perasaan sendiri kalo ngga numpuk sampah

  20. Baru sadar ternyata email2 kita disimpan di server dan butuh listrik. Kapan hari pernah bebersih email sih dan gile banyak banget email kayak newsletter gitu. Hah. Baik mulai sekarang kita akan semakin rajin bersih2 email

  21. Waduh banyak banget yang harus di cleanup nie dan perlu waktu khusus ya karena saking banyaknya sehingga bingung mau mulai dari mana, ok sedikit demi sedikit di cleanup

  22. Wahhh beneran ngga nyangka efek yang dihasilkan dari bersih-bersih sampah digital bisa sedahsyat itu ya. Buat saya yang malas bersih-bersih sampah digital merasa tertampar banget aih dengan postingan ini. Janji, aku akan bersihkan sampah di emailku!

  23. Ya ampun aku baru tahu lho, ternyata separah itu dampaknya.
    Bagus banget campaignnya biar sama-sama kita menjaga lingkungan, dimulai dari hal kecil dlu. Aku mau coba unroll me juga klo gitu.

  24. Waaaw ternyata dengan menghapus email dampaknya besar yaa, kalau gitu otw apusin email yang gak penting aah. makasih kaaa sharingnya. bermanfaat banget

  25. Wah Kak, aku baru tahu manfaat lebih besar dari digital clean up. Enggak menyangka ya hal yang kelihatannya sepele ternyata berdampak sangat besar bagi bumi. Terima kasih ya infonya, Kak!

  26. Langkah sederhana untuk banyak manfaat yaaa

  27. Langkah sederhana untuk banyak manfaat ya

  28. Baru tahu ternyata manfaat dari Clean up begitu besar. Aku termasuk yang malas buat bersih2. Setelah baca mulai hari ini mau hapus2 Aplikasi yang gak penting dan hapus email yg spam juga. Thanks Reviewnya

  29. aku email dari pertama punya email di yahoo dan gmail gak pernah aku hapus2 tau kak, waduhhh ternyata itu gak baikk yaa??
    harus rajin2 bersih2 email ya kak, ehh poto2 di hape juga yaa harus sering2 di hapus apalagi klo doubel gitu.

    kalo di whatsapp gmn kak okta?? harus sering di bersihin gak???

    1. Iya kak wa pun sama si mnurut ku. Makanya semakin wa penuh bisa bikin hp lemot terus tau tau rusak hehe

  30. wah aku baru tau tentang penelitian bahwa menyimpan 1GB email selama satu tahun menghabiskan 32,1 kWh, yang energinya sama dengan memanggang 10 jam penggunaan oven rumah tangga biasa :O terimakasih atas infonya ya kak, sangat bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *