Posted on Leave a comment

Dapat Kain untuk Seragam? Bikin sendiri dengan pola instan lebih mudah.

Dapat kain seragam, bingung mau jahit bajunya di mana. Dipakainya buru-buru, biaya jahitpun mahal, bikin di tukang jahit terkadang harus menunggu antrian yang panjang juga, ditambah belum sempet keluar buat survei, mau buat sendiri pasti susah dan takut gagal.

bikin baju sendiri

Coba dengan cara ini untuk mengakalinya

Pastikan alat yang digunakan ada di rumah

Dalam mencoba membuat baju, kita harus memiliki alat wajib yaitu gunting, pensil untuk menjiplak, benang, dan jarum. Biasanya alat-alat ini tersedia di rumah. Kemudian jika alat tersebut sudah tersedia selanjutnya kita menyiapkan alat ospionalnya yaitu mesin jahit dan kertas karbon untuk menjiplak. Jika mesin jahit tidak ada, kita bisa menggantinya dengan jahit tikam jejak, tapi harus sabar ya kalau menjahit dengan tangan, hehe…

Tiru pola baju dari baju yang sudah jadi

Persediaan baju di rumah pasti sudah tersedia baju kita dari model A sampai Z, pilih salah satu baju untuk ikuti polanya, cara ini mau tak mau harus membongkar baju yang sudah jadi. Kalau sudah dibongkar untuk sementara, kita bisa menjahitnya lagi setelahnya. Sedikit rumit sebenarnya karena harus dua kali kerja.

Beli kertas pola instan atau pola jiplak

Di beberapa e-commerce sudah ada beberapa toko yang menyediakan pola jadi, pola jadi ini ada yang berbentuk pola instan, ada juga yang berbentuk pola jiplak, masing-masing memiliki kelebihan dan kelemahannya masing masing, kalau pola jiplak kita harus menjiplaknya di sebuah kain lagi untuk menjadikannya pola instan, biasanya pola jiplak tersebu terbuat dari bahan yang awet jaadi bisa digunakan berkali kali, berbeda dengan pola instan, pola instan berupa kertas yang sudah terbentuk pola nya, kita tinggal mengikuti saja bentuknya di kain lalu mengguntingnya tanpa harus menjiplaknya kembali, tergantung kebutuhan dan jangan sampai salah membelinya.

Download Template pola jiplak

Website penyedia template pola jahit biasanya berasal dari website-webiste luar negeri dan yang paling sering ditemui adalah website dari Rusia, jadi kata pencarian untuk mencari pola tersebut sebaiknya menggunakan bahasa Inggris. Dan cara ini yang paling sering saya gunakan. Memang sedikit ribet, tapi jauh lebih efisien alias murah dan tidak perlu membeli pola jiplak, membongkar baju yang sudah jadi, atau meminta jahitkan pada tukang jahit.

Website penyedia Pola itu berdominan yang berbayar, untuk yang free sangatlah jarang. Salah satu website rekomendasi untuk download pola adalah website Love Sewing , di website ini menyediakan pola instan yang sudah jadi dalam ukuran A4 dengan format file PDF, jadi kita bisa mencetkanya dengan printer biasa kemudian disambung secara berurutan dari kertas ke kertas. Setelah itu kain gunting sesuai pola. Selamat mencoba !

bikin baju sendiri
Bikin Sendiri Seragam di Rumah

Gambar di atas ini adalah hasil yang sudah saya coba dari menjiplak dari salah satu pola yang saya download di Love Sewing. untuk aksen ikatnya, saya menggunakan kain tambahan sendiri dari baju yang sudah tidak terpakai atua brasa kita sebut dengan kain perca. Kalau kamu mau pakai aksen yang berbeda, pastiran warna bajunya senada yah!

Contoh kain perca
Contoh kain perca
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *