Suatu malam di Bulan Oktober 2021 tepat di hari kelahiranku, aku sempat mengevaluasi diri sendiri. Kira-kira, apa ya yang bisa aku lakukan untuk membuat diri ini memperluas jangkauan kebermanfaatannya aku sebagai manusia?

Sempat kepikiran untuk memulai bisnis lagi yang dulu sempat ku tekuni membuat Pop-up. Yup sebuah bisnis yang cukup mengisi waktu luang dan kantong. Tahun 2015 lalu aku sempat membuat bisnis ini bersama teman-teman kampusku, Nama bisnis nya, QuadArt. Berangkat dari keterampilan ku membuat kartu ucapan pop up yang bisa dilipat, merangkai gambar-gambar, hingga membuat ilustrasi untuk hadiah ulang tahun, pernikaham hingga anniversary. Tapi aku kembali berpikir, sepertinya ini hanyalah hype pada masa nya, karena ketika orang-orang sudah melewati masa-masa trend ini, orang-orang akan berpikir untuk memberikan sesuatu yang lebih bermanfaat dan bisa digunakan daripada untuk dipajang. Proses pembuatan inipun effort-nya cukup tinggi, ketika selesai digunakan, hanya bisa digunakan untuk satu pembeli, kemudian selesai dan diulangi kembali.

 

Tidak ada yang buruk dengan ide bisnis ini, namun hanya saja aku terpikirkan sesuatu untuk membuat kertas menjadi hal yang benar-benar bisa dimanfaatkan secara luas, dan bisa berkali-kali digunakan oleh banyak orang. Terpikirkan kembali untuk membuat kertas yang bisa dimainkan dan dirangkai untuk anak-anak. Karena aku belum cukup modal secara finansial maupun pengetahuan berbisnis, aku memulainya dengan membagi-bagikan tutorial dan printout yang bisa dicetak banyak orang dan aku menyebarkannya lewat blog ini. Kemudian aku men-challange diriku sendiri untuk membuatnya, ya walaupun tak sesuai rncana yang inginnya setiap hari mengunggah hehe, setidaknya dalam 1 bulan aku masih bisa membuat 2-5 karya untuk dimainkan.

 

1. Proses Awal Pembuatan

Dimulai dari browsing di Pinterest, Youtube dan Instagram, Aku melihat banyak sekali handcraft untuk anak-anak yang keren, namun tak jarang membutuhkan keterampilan untuk menggambar. Untuk para orang tua mungkin tidak semua yang ahli dalam menggambar. Aku ingin menjadikan bermain dengan kertas adalah hal yang menyenangkan, bukan justru malah membingungkan. Bermula dari ide itulah aku membuat karyaku dengan mencontoh handcraft mainan ini, namun dengan versi yang sudah di printout. Orang tua atau anak hanya perlu mencetaknya dan pola, format, beserta ukurannya sudah tersedia.

 

2. Buat Konsep dasar dan Digitalisasi

Setelah riset kemudian mendapatkan ide, aku mulai membuat konsepnya di kertas dan mencoret-coretnya, melipat-lipat dan mengguntingnya. Kalau istilah di industri, ini bisa jadi tahap ini dinamakan sebagai Prototype .

Pembuatan hasil ide tadi langsung aku eksekusi di Adobe Illustrator. Aku memastikan setiap ukuran yang kubuat pada tahap prototype tadi akan sama dengan yang akan aku buat di adobe illustrator. Aku terbiasa membuat beberapa karya sekaligus, supaya aku juga bisa mencetaknya sekaligus langsung banyak. Biasanya aku akan buat viersi digitalisasi ide ku ini dalam kurun waktu 1 bulan sekali. Di bawah ini adalah salah satu contoh yang aku buat.

 

3. Buat Konten

Selain menulis di blog, aku juga menyebarkannya di TikTok, Youtube maupun Instagram, Supaya semakin banyak orang yang tau dan ikut membuatnya. Kontennya berupa video tutorial dan gambar. Di media sosial ini sarana aku berinteraksi dengan orang-orang, tak jarang dari mereka merasa sangat berterimakasih atas karya ini lewat Direct Message maupun update Instastory mereka.

Aku selalu mengarahkan mereka untuk membuka blog ku, karena aku akan selalu unggah file ini di dalam blog ini.

 

 

Meski belum terlalu besar dan banyak, aku berharap tetap bisa konsisten untuk ini. Akupun juga berharap dengan adanya aktivitas ini, anak-anak di Indonesia bisa mengurangi bermain dengan Gadget, meningkatkan Bounding antara orang tua dengan anak, apalagi jika bisa berpikir secara kreatif dan mandiri. Aku juga ingin membuat suatu mindset.

Bermain dengan anak-anak, tidak selalu dengan mainan yang mahal.

Bukan hanya soal berbagi, bagiku ini juga menjadi sarana aku untuk menyegarkan pikiran. Jika kamu merasa perlu mendukung aku juga, kamu bisa sebarkan konten-konten ini atau mainkan bersama anak-anak di sekitarmu, Ohiya, semua karya yang ku buat selalu kuberi catatan hanya untuk kepentingan edukasi ya. Semoga bermanfaat.

 

Printable Aktivitas Anak Melatih Menggunting dan Memperkenalkan Hewan & Transportasi Laut

 

26 Replies to “Challange diri sendiri untuk Membuat Mainan Anak-Anak”

  1. Okta…aku thu suka dengan kontenmu yang berkaitan dengan crafting. Unik banget dan benar-benar melatih kreatifitas. Dunia crafting kayak gini mulai sepi peminatnya. Jadi mesti dibangkitkan lagi. Jadi pengen ikutin ngulik ini.

    Semangat yaa untuk terus konsisten berkarya. Ditunggu karya-karyanya 😀

    1. Dari judul artikelnya sudah kreatif dan sepertinya menarik. Dan, benar saja..ternyata…super duper keren, amazing, dahsyat.
      Kak Okta benar-benar kreatif dan hebat sekali. Sangat suka juga sangat bermanfaat, semoga bisa menjadi tabungan energi positifnya ya.
      Aku ijin untuk melihat, mempelajari juga memakainya untuk mengajar ya kak, dan juga untuk bereksplorasi bersama anak-anak murid. Juga, mungkin akan aku share ke sesama teman guru ataupun mereka yang concerned dengan dunia pendidikan serta art and craft.
      Caiyo selalu! Tetap dan terus semangat dalam berkarya ya kak Okta..akan selalu ditunggu dan insyaAllah sangat berguna sekali. Tons of love and hugs for you..🌞⭐⭐⭐💗💗💗🤗🤗🤗⭐⭐⭐🌞
      Terimaksih sudah berbagi, menjadi orang baik dan bermanfaat ya kak.

    2. Ini positive vibes banget sih bikin konten begini, dari pada konten aneh aneh yang masih diragukan faedahnya.

      Semangat selalu yaaa

  2. Kalo liat crafting kyk bgini jadi inget pengalaman pas SD..
    Jadi ada pola crafting mobil di tabloid fantasi..
    Terus gw ambil dan gw buat jadi mobil mobil 3D dg cara ngikutin pola2 gunting & lipat yg udh disediain..
    Alhamdulillah berhasil..hehe..
    Dan mobil2an itu gw pake buat ngelengkapin tugas akhir buat pelajaran kesenian..
    Jadi tema tugas akhir gw itu bikin rumah2an plus crafting mobil tadi..
    Mungkin kalo dijual, lumayan bisa buat anak2 ngerangkai sendiri, terus dihadiahin ke temennya dg tema2 unik :p..

  3. Kalo liat crafting kyk bgini jadi inget pengalaman pas SD..
    Jadi ada pola crafting mobil di tabloid fantasi..
    Terus gw ambil dan gw buat jadi mobil mobil 3D dg cara ngikutin pola2 gunting & lipat yg udh disediain..
    Alhamdulillah berhasil..hehe..
    Dan mobil2an itu gw pake buat ngelengkapin tugas akhir buat pelajaran kesenian..
    Jadi tema tugas akhir gw itu bikin rumah2an plus crafting mobil tadi..

    Mungkin kalo konsep crafting ini dijual, dg tema2 yg unik sbg hadiah yah, lumayan buat anak2 bs ngerangkai sendiri, terus dihadiahin ke temennya dg tema2 unik.. mungkin :p

  4. Kak dirimu tuh kreatif sekali ih, suka dengan kontennya deh. Bermanfaat banget nih buat buibu yang minim budget dan ga kreatif bisa tinggal print aja. Semoga semakin banyak orang tua yang memberikan anak-anaknya permainan kratifitas seperti ini ya, suka kasian kadang lihat anak-anak maih hp mulu

    Semangat terus ngontennya ya kak 🙂

    1. Yess banget, bermain dengan anak tidak mesti dengan mainan mahal. Saya pernah voluntir mengajar di TK informal di pemukiman kumuh. Dengan segala keterbatasan, saya ingin membangun kreatifitas mereka, salah satunya dengan crafting ini. Surprise ternyata mereka hepi dan kreatif menciptakan mainan lain yang tidak terpikirkan oleh saya. Thanks kak okta untuk tulisan keren ini.

  5. Kamu kreatif banget bisa ada ide crafting kayak gini. Yang kagak gini sih mesti dilestarikan, semoga makin banyak yang mengikuti jejakmu yaa kaak.

  6. Keren banget Ta! Gue selalu nge-fans sama orang orang kreatif gini. Mungkin looks simple tapi ini gak sesederhana itu dan itu kreatif banget, idenya yang bikin kagum. You did a great job!

  7. Keren banget ya orang kreatif tuh. Mantap Kak Okta, aku jadi pengin beli karyanya buat anakku, nanti aku kepoin ya IGnya. Makasih Kak 🙂

  8. Sering lihat storynya Okta pas upload karya gini. Keren banget gambar dan idenya pasti membantu sekali buat orangtua yang pengen ngasih anak mainan edukatif. Semangat okta bikin karyanya. Insya Allah bermanfaat bagi banyak orang

  9. Yah ampuuuuun blognya lucu banget, yang begini ini tuh berguna banget buat ide2 ngajar sekolah minggu di gereja. Makasi yah mba uda diajarin step-stepnya. Kutunggu blog-blog crafting selanjutnya. Lumayan buat nyari ide nih

  10. Lucu banget sih, bisa banget buat rekomendasi ibu ibu yang mau merangsang sisi seni anaknya ya, dengan ngecreate sesuatu yang kreatif begini.

  11. Otaaa sayaaang….keren kali ide kreatifnya. Itu yg shark dulu waktu kecil pernah bikin buat tempat bumbu2an, tp posisinya kebalik. Kamu kok kepikiran bikin jadi shark. Aku terpana…
    Makin love sama Otaaaa

  12. Super kreatif sekali mba Okta. Aku pernah lihat ini handcraft seperti ini di toko mainan terkenal sama di toko buku. Persis kayak gitu. Teman ada yang ngajar di kindergarten school punya banyak handcaraft kayak ini. Keren sekali.

  13. jadi inget mainan-mainan pas SD yaa pake kertas dibikin aneka rupa, ya bunga, ya perahu, jepitan buat kuis ala-ala perjodohan juga hahahaha. Seneng banget sama konsep yang pop up craft gitu, tapi pasti susah dan lebih njelimet ya bikinnya

  14. Waah mba okta, sangat membantu sih kalo ada printable nya… Secara aku kadang harus ubek2 banyak website untuk mencari printable permaianan atau craft yang bisa dilakukan bareng anak2… Maklum, ibunya ga kreatif kalo soal prakarya 😅.

    Bagus bagus lagi hasilnya. Aku sukaaa yg boneka jari kertas. Bisa utk bikin cerita ke anak2

Leave a Reply

Your email address will not be published.